SPESIAL: Rekor Iker Casillas & Spanyol Di Euro 2012

Casillas menjadi pemain pertama yang mengoleksi kemenangan terbanyak di level internasional.

Iker Casillas - Spain

Kebahagiaan pastinya menyelimuti kiper Spanyol Iker Casillas. Selain timnya berhak menjadi juara Euro 2012, sekaligus tim pertama yang mampu mempertahankan gelar dan memenangi tiga turnamen besar berturut-turut, kemenangan individual juga dirasakan kiper Real Madrid itu.
KEMENANGAN INTERNASIONAL TERBANYAK
Pemain Tim Kemenangan
Iker Casillas Spanyol 100
A. Hassan Mesir 94
Lilian Thuram Prancis 94
M. Ali Al-Deayea Arab Saudi 89
Ali Daei Iran 89
La Furia Roja memastikan diri menjadi yang terbaik di Eropa usai menggebuk Italia 4-0 di partai final di Stadion NSK Olimpijs'kyj, Kiev, Senin (2/7) dinihari WIB.

Casillas menjadi pemain pertama dalam sejarah yang mampu mengoleksi seratus kemenangan di level internasional. Catatan itu dilakukan dalam 137 pertandingan bersama tim Matador.

Casillas juga memecah rekor baru dengan 509 menit tanpa kebobolan di Kejuaraan Eropa tahun ini, melampaui rekor 494 yang dilakukan kiper Italia Dino Zoff.

Awal 2012 ini, Casillas sudah mampu melampaui caps timnas yang sebelumnya dipegang mantan kiper Athletic Bilbao, Barcelona, dan Valencia (126). Kini, catatannya kiper berusia 31 tahun itu sudah mencapai angka 137 dan masih bisa terus bertambah.

Rekor kemenangan terbanyak kedua dan ketiga dipegang gelandang Mesir Ahmed Hassam dan bek Prancis Lilian Thuram, yang sama-sama mengoleksi angka 94. Posisi keempat dan kelima ditempati kiper Arab Saudi Mohamed Ali Deayea dan striker legendaris Iran Ali Daei yang sama mengumpulkan 89 kemenangan.

Catatan itu menunjukkan betapa hebatnya Santo Iker. Bahkan, ada satu hal lagi yang perlu dicatat, tiga kesuksesan Spanyol, yakni Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012, ditandai dengan peran Casillas sebagai sang kapten. Luar biasa!


Berikut ini ada rekor-rekor lain yang terjadi selama gelaran Euro 2012 ini:

  • Spanyol menyamai koleksi gelar Eropa Jerman dengan torehan tiga gelar.
  • Spanyol menjadi tim pertama di dunia yang mampu memenangi tiga turnamen besar secara berturut-turut.
  • Spanyol menjadi tim pertama yang mampu mempertahankan gelar Eropa.
  • Spanyol memecah rekor tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan di Euro. Kekalahan terakhir didapat saat lawan Portugal pada Juni 2004.
  • Kemenangan 4-0 yang dicetak Spanyol atas Italia merupakan rekor kemenangan terbesar sepanjang sejarah final, baik di Kejuaraan Eropa maupun Piala Dunia.
  • Ada 13 pemain di Euro kali ini juga membawa Spanyol juara di Euro 2008, menjadi tim pertama yang mampu melakukan itu.
  • Fernando Torres menjadi pemain pertama yang mampu mencetak gol di dua final berbeda.
  • Dua gol Torres di dua final tersebut merupakan assist dari Xavi, yang menjadi pemain pertama yang mampu memberi assist di dua final berbeda.
  • David Silva, yang mencetak dua gol dan tiga assist sehingga punya peran dalam lima gol timnya, menjadi pemain yang berkontribusi lebih di turnamen ini.
  • Vicente del Bosque menyamai prestasi Helmut Schon, dengan membawa tim menjadi juara dalam dua tahun, Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa.
  • Del Bosque juga merupakan satu-satunya pelatih yang mampu memenangi Liga Champions, Piala Dunia, Kejuaraan Eropa (dua kali) sepanjang karirnya.


Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

0 comments:

Post a Comment