PREVIEW Euro 2012: Spanyol - Italia

Spanyol membidik sejarah dengan menjadi tim pertama yang juara di tiga turnamen besar secara berturut-turut, dan Italia berusaha menggagalkannya.


Selesai
Juli 2, 2012 1:45 AM WIB
NSK Olimpijs'kyj — Kyiv (Kiev)
Wasit:‬ Pedro Proença‎
Jumlah Penonton:‬ 63170‎
 
41′ Jordi Alba
 
 
88′ Juan Mata

PRAKIRAAN SUSUNAN PEMAIN


SPANYOL

Casillas
Arbeloa, Pique, Ramos, Alba
Xavi, Busquets, Alonso
Silva, Fabregas, Iniesta
ITALIA

Buffon
Abate, Barzagli, Chiellini, Balzaretti 
Marchisio, Pirlo, De Rossi
Montolivo
Balotelli, Cassano

Pelatih Spanyol Vicente del Bosque diperkirakan bakal menurukan kekuatan terbaiknya saat menghadapi Italia di final Piala Eropa 2012, Senin (2/7) dinihari WIB.

Namun pria berusia 61 tahun ini mengalami dilema apakah akan menurunkan seorang striker setelah Alvaro Negredo tidak memperlihatkan ketajamannya di laga semi-final melawan Portugal.

Dengan Fernando Torres sepertinya tak menjadi pilihan, dan Fernando Llorente belum pernah tampil di ajang ini, Cesc Fabregas kemungkinan akan ditempatkan sebagai srtiker bayangan bersama Andres Iniesta dan David Silva.

Bek Italia Ignazio Abate, yang absen di laga semi-final melawan Jerman akibat cedera otot, kemungkinan bakal dimainkan. Sedangkan bek tengah Christian Maggio juga dapat diturunkan usai menjalani sanksi akumulasi kartu.

Pelatih Cesare Prandelli kemungkinan bakal mempertahankan komposisi serupa seperti ketika menekuk Jerman dibandingkan memakai skema lawas 3-5-2 yang diterapkan saat menghadapi Spanyol di laga pembuka.

Posisi Riccardo Montolivo di depan Thiago Motta juga bakal dipertahankan setelah memperlihatkan performa meyakinkan di empat besar.. 

TAHUKAH ANDA?
  • Spanyol sedang berusaha menjadi tim pertama dalam sejarah yang mampu menjuarai tiga turnamen besar secara berturut-turut (Euro 2008, World Cup 2010 dan Euro 2012), serta tim pertama yang mempertahankan trofi Henri Delaunay.
  • La Roja tamopil di final keempatnya di Piala Eropa (1964, 1984, 2008 dan 2012). Mereka hanya satu kali mengalami kegagalan (1984).
  • Tim besutan Vicente del Bosque mencatat 19 laga tanpa kekalahan, dan memenangi sembilan laga di fase knock-out tanpa kebobolan.
  • Namun Spanyol belum pernah memenangi duel melawan Italia di kompetisi resmi hampir selama 100 tahun (kemenangan adu penalti di perempat-final Euro 2008 dianggap sebagai hasil imbang). Dari 11 pertemuan sebelumnya, menang satu kali, imbang lima, dan menelan lima kekalahan. Satu-satunya kemenangan di peroleh di Olimpiade 1920.
  • Italiatampil di final Piala Eropa untuk kali ketiga (1968, 2000, 2012). Mereka hanya sekali meraih kesuksesan (1968).
  • The Azzurriakan menghadapi Spanyol untuk ke-31 kalinya, dengan catatan menang sepuluh kali, imbang 12 kali dan delapan kali kalah. Terakhir kali kedua tim bertemu saat laga pembuka tahun ini yang berakhir imbang 1-1.
  • Italia  hanya meraih dua kemenangan dalam delapan pertandingan terakhir dengan waktu normal, tapi belum pernah kalah di bawah asuhan Cesare Prandelli.
  • Dengan lesakkan dua gol ke gawang Jerman, Mario Balotelli (gambar kanan) menjadi pemain Italia pertama yang mencetak tiga gol di satu turnamen Piala Eropa.

Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

0 comments:

Post a Comment